GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN

 

JUDUL MK

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

NOMOR KODE / SKS

MMS          / 3 SKS

DESKRIPSI SINGKAT

Dalam kuliah ini akan dibicarakan perlunya metodologi pengembangan perangkat lunak, model-model pengembangan perangkat lunak, prinsip dan pemodelan analisis perangkat lunak, konsep desain perangkat lunak,  desain strktur data, desain arsitektur, desain antarmuka, desain prosedur dan testing perangkat lunak. Pengelolaan proyek pengembangan perangkat lunak akan dibicarakan secara singkat. Prasyarat: MSM 260 Algoritma dan Pemrograman

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa akan mampu menganalisa sistem untuk menentukan kebutuhan perangkat lunak sistem, merancang perangkat lunak sistem dan mengimplementasikan rancangan tersebut.  Mahasiswa juga akan mempunyai pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola proyek pengembangan perangkat lunak sistem.

 

No

Tujuan

Instruksional Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Estim. Waktu

Reader

1

2

3

4

5

6

 

 

 

1

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat:

 

Menjelaskan: peran perangkat lunak, perlunya metode pengambangan perangkat lunak dan karakteristik perangkat lunak

 

 

 

Pendahuluan

 

 

 

1.1   Peran perangkat lunak

1.2   Karakteristik perangkat lunak

 

 

 

150

 

 

 

WA: Bab 1

AA : Bab 1

2

Menjelaskan: pandangan generik proses pengembangan perangkat lunak, model pengembangan perangkat lunak linier sekuensial, prototyping, RAD, incremental, spiral.

Model Pengembangan Perangkat Lunak

2.1   RPL: Teknologi berlapis

2.2   Model-model pengembangan  perangkat lunak

 

 

150

WA: Bab 2

AA : Bab 1

AB: Bab 3

3

Menjelaskan konsep dan prinsip analisa sistem (perangkat lunak)

Konsep dan prinsip analisis

3.1   Analisa kebutuhan

3.2   Penetuan kebutuhan perangkat lunak

3.3   Prinsip analisis

3.4   Spesifikasi perangkat lunak

 

150

WA: Bab 11

AA : Bab 5

AB: Bab 4

4

Menjelaskan pemodelan data, pemodelan fungsi,  aliran informasi, mekanisme analisa terstruktur

Pemodelan dan mekanisme analisis

4.1   Pemodelan data

4.2   Pemodelan fungsi dan aliran informasi

4.3   Pemodelan sifat

4.4   Mekanisme analisa terstruktur

150

WA: Bab 12

AA : Bab 6

AB  : Bab 5,

         Bab 6

5

Menjelaskan konsep dan prinsip desain, desain proses, desain modular

Konsep dan prinsip desain

5.1   Proses desain

5.2   Prinsip desain

5.3   Konsep desain

5.4   Desain modular yang efektif

150

WA: Bab 13

AA : Bab 12

6

Menjelaskan arsitektur perangkat lunak, desain data, style arsitektur, pemetaan dari kebutuhan ke arsitektur

Desain data dan desain arsitektur

6.1   Arsitektur perangkat lunak

6.2   Desain data

6.3   Style arsitektur

6.4   Pemetaan kebutuhan perangkat lunak ke arsitektur

150

WA: Bab 14

AA : Bab 13

7

Menjelaskan aturan umum desain antarmuka pemakai, desain antarmuka pemakai, pemodelan dan analisis task, aktifitas desain antarmuka

Desain antarmuka pemakai

7.1   Aturan umum

7.2   Desain antamuka pemakai

7.3   Pemodelan dan analisis task

7.4   Aktifitas desain antarmuka

150

WA: Bab 15

AA : Bab 17

8

Menjelaskan notasi rancangan grafis, notasi rancangan tabular, bahasa desain program, perbandingan notasi desain

Desain pada aras komponen

8.1   Notasi rancangan grafis

8.2   Notasi rancangan tabular

8.3   Bahasa desain program

8.4   Perbandingan notasi desain

150

WA: Bab 16

 

9

Menjelaskan dasar-dasar pengetesan perangkat lunak, desain kasus tes, pengetesan kotak-putih, pengetesan alur pokok, pengetesan struktur kendali, pengetesan kotak hitam

Teknik pengetesan perangkat lunak

9.1   Dasar-dasar pengetesan perangkat lunak

9.2   Desain kasus tes

9.3   Pengetesan kotak-putih

9.4   Pengetesan alur pokok

9.5   Pengetesan struktur kendali

9.6   Pengetesan kotak hitam

150

WA: Bab 17

10

Menjelaskan pendekatan strategis pengetesan perangkat lunak, pengetesan unit, pengetesan penggabungan,  validasi, pengetesan sistem, debugging

Strategi pengetesan perangkat lunak

10.1  pendekatan strategis pengetesan perangkat lunak

10.2  pengetesan unit

10.3  pengetesan penggabungan  

10.4  validasi

10.5  pengetesan sistem

10.6  debugging

150

WA: Bab 18

11

Menjelaskan konsep pengelolaan proyek, metrik proyek, pengukuran perangkat lunak, metrik untuk kualitas perangkat lunak.

Konsep pengelolaan proyek, proses perangkat lunak dan metrik proyek

11.1  konsep pengelolaan proyek

11.2  metrik proyek,

11.3  pengukuran perangkat lunak

11.4  metrik untuk kualitas perangkat lunak.

150

WA: Bab 3,      

         Bab 4

12

Menjelaskan tujuan perencanaan proyek, ruang lingkup perangkat lunak, sumber daya, tehnik dekomposisi, model perkiraan empiris, keputusan buat/beli

Perencanaan proyek perangkat lunak

12.1  tujuan perencanaan proyek

12.2  ruang lingkup perangkat lunak

12.3  sumber daya

12.4  tehnik dekomposisi

12.5  model perkiraan empiris

12.6  keputusan buat/beli

150

WA: Bab 5

13

Menjelaskan konsep penjadwalan dan penjejakan proyek, hubungan antara orang dan usaha, penentuan himpunan task untuk proyek perangkat lunak, penjadwalan, penjejakan kesalahan, rencana proyek

Penjadwalan dan penjejakan proyek

13.1  konsep penjadwalan dan penjejakan proyek

13.2  hubungan antara orang dan usaha

13.3  penentuan himpunan task untuk proyek perangkat lunak

13.4  penjadwalan

13.5  penjejakan kesalahan

13.6  rencana proyek

150

WA: Bab 7

14

Menjelaskan konsep kualitas, penjaminan kualitas perangkat lunak, review perangkat lunak, kehandalan perangkat lunak

Penjaminan kualitas perangkat lunak

14.1  konsep kualitas

14.2  penjaminan kualitas perangkat lunak

14.3  review perangkat lunak

14.4  kehandalan perangkat lunak

150

WA: Bab 8

 

Daftar Pustaka

WA      : Pressman, R.S., 2001, Software Engineering: A Practioner’s Approach, Edisi 5, McGraw-Hill.

 

Anjuran:

AA       : Somerville, I., 1995, Software Engineering, Addison Wesley, Edisi 4.

AB       : Whitten, J.L. and Bently, L.D., 2000, Systems Analysis and Design Methods, Edisi 4.